Ingin Mahir dalam berkomunikasi dua arah? Ikuti Training Communication Skill.

                                                     

Mempunyai sertifikasi profesi merupakan cara yang banyak ditempuh oleh pencari kerja untuk meningkatkan nilai jual. Sertifikasi juga menunjukkan pencari kerja yang memang menekuni dan memiliki keahlian di bidang tersebut.

Dikutip dari karir.com, Senin 6 Januari 2020, sebelum memutuskan untuk mengambil sertifikasi profesi, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Pertamakredibilitas penyelenggara sertifikasi. Mendapatkan sebuah sertifikasi profesional memang tidak mudah dan membutuhkan banyak pengorbanan.

Pastikan kalian memilih lembaga sertifikasi profesi yang sudah diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini untuk mencegah sertifikasi yang sudah kamu miliki jadi tidak berlaku lantaran penyelenggaranya tidak memenuhi kualifikasi standar nasional yang ditetapkan.

Keduapemateri. Materi yang diberikan oleh lembaga sertifikasi biasanya sudah dibuat standar sesuai dengan kebutuhan dari bidang ilmu yang diberikan. Ini sangat penting bagimu untuk mengetahui siapa saja saja yang akan memberikan materi dalam sertifikasi tersebut.

Tapi tidak perlu khawatir jika kalian sudah mendaftar di lembaga yang sudah bekerja sama dengan BNSP. Sudah dipastikan asesor dan pemateri tersebut sudah memenuhi kualifikasi yang ditentukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ketiga, biaya sertifikasi. Biasanya biaya sudah ditentukan sejak awal sebelum melakukan pendaftaran. Biaya sertifikasi ini biasanya sudah mencakup keseluruhan mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya tes yang akan dilakukan.

Sebaiknya sebelum memilih lembaga sertifikasi, cobalah untuk membandingkan harga dari beberapa penyedia jasa sertifikasi. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui berapa harga yang sesuai untuk sertifikasi yang kamu incar.

Keempat, jadwal sertifikasi. Sebelum mendaftar, pastikan kalian mengikuti jadwal yang sudah ditentukan. Tentunya hal ini diperlukan agar bisa mengatur waktu antara asesmen dengan kegiatan lainnya. Jika kalian sudah bekerja, tentunya jangan sampai asesmen mengganggu pekerjaan yang sudah ada.

Tentunya dengan memiliki sertfikasi profesi, kita akan lebih terlihat profesional dan ahli di dalam bidang yang kita geluti. Jika masih ragu program apa yang sebaiknya diikuti, kalian bisa browsing terlebih dahulu ke situs BNSP untuk mengetahui berbagai informasi mengenai sertifikasi profesi yang ada di Indonesia.


Salam TalentSmart Consulting | 𝘛𝘰 𝘚𝘵𝘳𝘦𝘯𝘨𝘩𝘵𝘦𝘯 𝘠𝘰𝘶𝘳 𝘝𝘢𝘭𝘶𝘢𝘣𝘭𝘦 𝘛𝘢𝘭𝘦𝘯𝘵𝘴