Bekasi - Talent Smart melakukan sesi wawancara bersama salah satu pengurus Welding Study Center, yaitu Ibu Defi. Di dalam wawancara tersebut Ibu Defi menjelaskan banyak hal mulai dari apa itu welding, cara mendapatkan sertifikasinya agar diakui, hingga jenjang karir di dunia welding.

Welding mungkin masih cukup asing bagi sebagian orang, namun sebenarnya itu adalah bahasa lain dari pengelasan. Ibu Defi menuturkan “Welding itu adalah proses penggabungan dua material menjadi satu dengan proses pemanasan dengan atau tanpa penekanan, dan dengan atau tanpa filler metal di dalamnya. Itu disebut proses welding. Lalu orang yang mengerjakan proses tersebut disebut welder”.

Ditanya apakah terjun di dunia welding bisa sangat menguntungkan, Ibu Defi menjawab bahwa welder saat ini semakin dibutuhkan karena makin banyak benda yang butuh pengelasan yang berkualitas sesuai standar.

Lalu bagaimana caranya agar seorang welder hasil pekerjaannya dikatakan berkualitas? Ibu Defi mengatakan, “Welder yang berkualitas tentunya dia mempunyai sertifikat yang diakui oleh nasional maupun internasional, dan itu biasanya didapat dengan menempuh pelatihan supaya dia bisa menguasai pengelasan kemudian disertifikasi”.

Terdapat dua sertifikasi welder, yaitu sertifikasi standar nasional dan standar internasional. Untuk standar nasional proses sertifikasinya mengacu pada SKKNI yang berada di bawah BNSP, sedangkan untuk standar internasional sertifikasi yang dilakukan berdasar IAB.

Ditanya tentang perbedaan sertifikasi nasional dan internasional, Ibu Defi menuturkan bahwa sertifikasi nasional hanya bisa digunakan untuk mencari pekerjaan di lokal saja dalam negeri, sedangkan untuk sertifikasi internasional bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan dalam negeri hingga luar negeri.

Untuk berkarir di welding dan menjadi ahli, sertifikasi saja belum cukup, harus ditambah pengalaman di lapangan. Ibu Defi menjelaskan, “Peserta akan menjalankan proses latihan tersebut lalu sertifikasi welder tersebut lalu experience di lapangan nanti karirnya akan meningkat seiring dengan pengalamannya meningkat maka kualifikasinya juga meningkat”.

Bagi anda yang tertarik untuk berkarir di bidang welding, Kak Defi menyarankan untuk melakukan pelatihan dan sertifikasi di Welding Study Center karena tidak hanya skill saja yang dilatih, tapi juga knowledge dan attitude juga jadi menu pelatihan di sana supaya menghadirkan welder yang berkualitas dan kompeten.

Dalam melakukan pelatihan dan sertifikasi, Welding Study Center menggunakan instruktur dan asesor yang sudah bersertifikasi dan sudah dipercaya banyak kalangan, termasuk peserta pelatihan dari luar negeri semisal Kanada, Singapura, Qatar, India, dll.  

IbuDefi menambahkan “Selain itu terdapat komunitas alumni peserta untuk memberikan informasi loker, juga ada kerjasama dengan perusahaan yang mana setelah welder lulus dari Welding Study Center bisa disalurkan langsung ke perusahaan tersebut”.

Bagi anda yang tertarik silahkan ikuti pelatihan dan dapatkan sertifikasi menjadi seorang welder di https://forms.gle/G49oyYmGVES7Vvur5. 

Untuk informasi seputar lowongan pekerjaan dan pelatihan lainnya ikuti terus update terbaru dari kami di instagram @talentsmart_id atau silakan menghubungi kami di nomer yang tercantum dibawah ini.